smpbas@yahoo.com
0356-8833599

BELAJAR SEPANJANG HAYAT


img

BELAJAR SEPANJANG HAYAT

Merupakan moto hidup dari seseorang yang akan mengisi kolom profil kita kali ini. Bernama lengkap Dr. H. Suntari, M. Pd, beliau adalah Kepala SMP Bina Anak Sholeh yang baru ditahun 2018 ini. Sosoknya yang ramah, bijaksana, namun tegas ini selalu mengayomi siswa-siswi, Ustad-ustadzah dan staff SMP BAS, bahkan sudah beliau anggap seperti anak sendiri. Ustad Suntari menuntaskan studi S3-nya diumur yang sudah tidak muda lagi, namun semangat menuntut ilmunya sama sekali tidak pernah surut. Jiwa long life learner memang sudah sangat melekat pada diri beliau. Bahkan Ustad Suntari selalu memotivasi Ustad-ustadzah untuk selalu belajar dan belajar memperbaiki potensi diri, karena belajar tidak mengenal usia. Beliau selalu meyakini dan menjadikan pegangan kalam Ilahi yang menjelaskan bahwa orang yang berilmu derajatnya akan ditinggikan oleh Alah SWT sebagaimana firman-Nya Q.S.Al Mujaadalah, 58:11.

Dengan segudang ilmu yang dimilikinya, beliau tidak pernah segan membagikannya kepada Ustad-ustadzah bahkan siswa-siswi tentang apapun yang beliau ketahui. Karena menurut beliau, “Jika kita tidak bisa mensedekahkan harta kita, maka ilmu yang kita milikilah yang harus kita sedekahkan”. Disela-sela kegiatan breafing dan mengaji pagi ataupun sebelum memulai rapat, beliau selalu menyelipkan materi yang menurut kami baru dan belum pernah kita ketahui sebelumnya, baik ilmu dunia ataupun akhirat. Hal tersebut beliau lakukan semata-mata ingin meningkatkan kualitas tenaga pengajar di SMP BAS agar dapat tercapai tujuan beliau yakni mengawal SMP BAS menjadi sekolah unggul yang berbasis Qur’ani dan berprestasi optimal dengan mengembangkan multi potensi dan talenta peserta didik.

 

Ustad Suntari mengawali pendidikannya di SDN Sukolilo Kecamatan Tuban lulus padatahun 1976. Selepas SD beliau melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri1 Tuban. Setelah lulus SMP, beliau bercita-cita menjadi anggota ABRI dan ingin melanjutkan sekolah di AKABRI. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya direstui oleh orang tuanya, bahkan ayahanda beliau mengambilkan formulir SPG (Sekolah Pendidikan Guru) dan menghendaki Ustad Suntari menjadi seorang guru dimasa dewasanya karena menurut ayahnya bahwa profesi guru adalah profesi yang sangat mulia. Walaupun sedikit melenceng dari keinginannya, Ustad Suntari tetap berusaha taat kepada orang tua. Beliau yakin, ketika ridho orang tua mengiringi langkah kita, maka semua akan dimudahkan oleh Alah SWT. Alhasil, 3 tahun menempuh pendidikan SPG dan meraih beasiswa supersemar, dilanjutkan pendidikan keguruannya di IKIP NegeriSurabaya program D2, sehingga setelah 2 tahun beliau sudah bisa mengamalkan ilmunya menjadi guru di SMP Negeri 1 Senori. Tidak berhenti disitu, meskipun sudah menjadi seorang guru, beliau masih terus semangat menggali potensi diri demi mengejar gelar kesarjanaan beliau transfer di IKIP PGRI Tuban yang dicapai dalam waktu 2 tahun. Sementara gelar Master atau S2 beliau dapatkan dari Universitas Negeri Malang saat sudah menjabat menjadi Wakil Kepala Sekolah di SMP Negeri 3 Tuban. Tidak cukup S2, beliau bahkan melanjutkan ke Program Doktor atau S3 di perguruan tinggi yang sama Universitas Negeri Malang lulus tahun 2015 dengan indeks prestasi 3,71 saat beliau menjabat Kepala SMP Negeri 1 Tuban.

Saat ini, selain menjadi Kepala SMP BAS, beliau juga masih aktif menjadi Pengawas Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan Dosen di Stikes NU Tuban serta di Universitas Terbuka. Sepanjang hidup beliau, telah banyak prestasi yang telah diraihnya, antara lain penulis buku pelajaran tingkat nasional, finalis LKG tingkat nadional 2003, finalis guru berprestasi tingkat nasinal 2004, hasil riset pembelajaran, instruktur nasional, dan masih banyak yang tidak bisa disebutkan. Dan menurut beliau, prestasi-prestasi tersebut merupakan anugerah dari Alah SWT dan do’a-do’a serta ‘tirakat’ puasa Senin-Kamisi bundanya. Pencapaian tersebut juga tidak lepas dari semangat, keuletan, dan buah dari moto hidupnya “struggle for life; Bersyukur dan Istiqomah merupakan Kunci Sukses”.

 

Demikianlah ulasan profil Ustad Suntari, Kepala SMP BAS. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan dan kesehatan kepada beliau dalam menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan kepada beliau. Dan kita sebagai pembaca semoga bisa belajar dari pengalaman hidup Ustad Suntari untuk selalu menumbuhkan semangat belajar dimanapun dan kapanpun kita berada karena jika kita ingin sukses dunia harus berilmu, ingin sukses akhirat harus punya ilmu, dan jika ingin sukses keduanya (dunia-akhirat) harus dengan ilmu.

(Ustadzah Gaby)

 

Biodata
Nama Lengkap Dr. H. Suntari, M. Pd
TTL Tuban, 14 September 1964
Alamat Tegal Boro Indah Gang II No.11 Latsari Tuban
Email Sun6463@yahoo.co.id
Nama Istri Dra.Muntianah
Nama Anak drg.Tiarisna Hidayatun Nisa

 

Nisfu Laili Romadhona, S. A.

Rahma Syuraya Nur Hafidzah

 

 

 

Riwayat Pendidikan

 

No Tingkatan Pendidikan Jurusan Tahun Lulus Institusi Pendidikan
1 SD SD Negeri   1977 SDN Sukolilo
2 SMP SMP Negeri   1980 SMPN 1 Tuban
3 SLTA SPG Negeri   1983 SPGN Tuban
4 Perguruan Tinggi        
  D2 Diploma 2 Pendidikan Bahasa Indonesia 1985 IKIP Negeri Surabaya
  S1 Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia 1996 IKIP Negeri Tuban
  S2 Magister Pendidikan Bahasa Indonesia 2002 Univ. Negeri Malang
  S3 Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia 2015 Univ. Negeri Malang

 

 

Pengalaman Kerja (Guru dan Kepala Sekolah)

 

No Jabatan Tahun Tempat
1 Guru 1985 – 1989 SMP Negeri 1 Senori
2 Guru 1989 – 2006 SMP Negeri 3 Tuban
3 Wakil Kepala Sekolah 2006 – 2007 SMP Negeri 3 Tuban
4 Wakil Kepala Sekolah 2007 – 2008 SMP Negeri 3 Tuban
5 Kepala Sekolah 2008 – 2010 SMP Negeri 2 Rengel
6 Kepala Sekolah 2010 – 2012 SMP Negeri 7 Tuban
7 Kepala Sekolah 2012 – 2014 SMP Negeri 5 Tuban
8 Kepala Sekolah 2014 – 2017 SMP Negeri 1 Tuban
9 Dosen 2015 – sekarang Stikes NU Tuban
10 Pengawas Sekolah 2017 – sekarang Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban
11 Kepala Sekolah 2018 SMP Bina Anak Sholeh Tuban

 

 

 

Penghargaan dan Prestasi

 

No Nama Penghaargaan Tahun Lembaga Pemberi Penghargaan
1 Lomba Penulisan Buku Teks tingkat Nasional 1998 Menteri Pendidikan Nasional Pelajaran
2 Finalis Lomba Keberhasilan Guru tingkat Nasional 2003 Menteri Pendidikan Nasional dalam Pembelajaran
3 Finalis Pemilihan Guru Berprestasi tingkatNasional 2004 MenteriPendidikanNasional
4 Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Timur 2004 Gubernur Jawa Timur

 

 

  • SOCIAL SHARE :

2 Comments

  • img

    David Muller

    Posted on 12th June, 2016

    Lorem Ipsum is that it has a more-or-less normal distribution of letters, as opposed to using 'Content here, content here', making it look like readable English

    Reply
  • img

    Jhon Doe

    Posted on 12th June, 2016

    Lorem Ipsum is that it has a more-or-less normal distribution of letters, as opposed to using 'Content here, content here', making it look like readable English

    Reply